HOTLINE : 0812 88 99 88 72
Email us : lampusurya@yahoo.com

Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Angin di Pulau Enggano Segera Dibangun

BENGKULU, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiapkan rencana pembangunan listrik tenaga surya dan angin di Pulau Enggano wilayah terluar daerah itu. Asisten II Bidang Ekonomi Provinsi Bengkulu Edi Waluyo, menuturkan, pengerjaan pembuatan pusatlistrik tenaga surya itu akan dilakukan pada September mendatang, dan dikerjakan langsung oleh investor. Investor yang terlibat yakni PT Mandela Resources, sebuah perusahaan konsorsium gabungan pengusaha nasional dan pengusaha asal Korea Selatan. “Dengan adanya pembangunan listrik tenaga dan surya akan meningkatkan perekonomian ribuan warga di Enggano karena hasil laut dari pulau itu selama ini banyak membusuk karena tak ada energi listrik,” kata Edi, Rabu (27/8/2014).

Pengerjaan akan dilakukan bertahap dengan pembangunan infrastruktur listrik tenaga surya pada September 2014, lalu dilanjutkan dengan tenaga angin. Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Provinsi Bengkulu Misra Musa juga membenarkan rencana itu.

“Investor bekerjasama dengan Universitas Korea telah dua tahu lalu melakukan penelitian terhadap pembangunan itu, namun karena Pemilu, pilpres dan puasa makanya baru September ini rencana itu terealisasi,” kata Misra.

Pulau Enggano merupakan pulau terluar di Provinsi Bengkulu terletak di wilayah administrasi Kabupaten Bengkulu Utara. Terdapat ribuan kepala keluarga di wilayah ini bermatapencaharian sebagai petani dan nelayan.

Scroll to Top